Selasa, 26 Agustus 2014

CD Medco untuk Aceh Timur Rp 220 M

LANGSA - Staf Khusus Bupati Aceh Timur Urusan Pengendalian Program Investasi dan Layanan Publik, Mohammad Jully Fuady SH mengatakan, program dana Community Development (CD) dari PT Medco E&P Malaka sebesar Rp 220 miliar. Sementara Rp 70 miliar dialokasikan untuk pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Seuneubok Barat, Kecamatan Idi Timu. 

Sementara sisanya Rp 150 miliar juga diperuntukkan untuk pembangunan fasilitas air bersih di kabupaten yang masih miskin tersebut. “Estimasi dana CD senilai Rp 220 miliar, itu sesuai lifting cost (parameter ekonomis sebagai indikator potensi keuntungan dari produksi pada suatu ladang minyak) untuk rumah sakit dan air bersih,” kata Mohd Jully Fuadi kepada Serambi Kamis (1/12), meluruskan pemberitaan soal penyaluran dana CD dari PT Medco E&P Malaka sebesar Rp 70 miliar untuk masyarakat Aceh Timur, Jully mengatakan, dana Rp 70 miliar tersebut adalah tahap awal untuk pembangunan rumah sakit, dan nantinya akan dikucurkan lagi yang tujuan alokasi akan ditentukan oleh Gubernur Aceh dan Bupati.

Ia menambahkan, dana tersebut akan dikucurkan meski perusahaan migas tersebut belum melaksanakan tahapan produksi di sejumlah sumur minyak di Blok A. Durasinya, kata Jully, akan terus disalurkan hingga tahun 2014-ketika Medco mulai melakukan pembangunan fasilitas produksi.

“Jadi, saya meluruskan sedikit, dana Rp 150 miliar itu bukan kewajiban Gubernur dan Bupati, tapi dana itu CD Medco yang akan dialokasikan sesuai petunjuk Gubernur dan Bupati” jelas Jully.

Bupati Aceh Timur, Muslim Hasballah mengaku sangat bahagia dan gembira atas realisasi dana CD dari perusahaan tersebut. Saking bahagianya, Muslim juga mengaku terkenang kembali masa lampau. Hari ini, katanya, telah menjadi sejarah baru dalam investasi di Aceh. Karena ini adalah yang pertama dana Community Development (CD) didistribusikan untuk pembangunan rumah sakit, setelah melalui proses panjang.

Kepada PT Medco E&P Malaka beserta partner yaitu Premier Oil dan Japex sebagai operator migas di Blok A, Muslim menyatakan terima kasih atas iktikad baik untuk memperbaiki tatanan sosial kemasyarakatan dan mendorong kesejahteraan masyarakat. “Peletakan batu pertama pembangunan rumah sakit ini adalah kilas balik sejarah panjang perjalanan sosial politik masyarakat Aceh Timur dan rakyat Aceh,” katanya.(yuh)

Sumber : http://aceh.tribunnews.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar