Kamis, 29 Maret 2012

Sekolah Favorit Warga Ranto Peureulak

140312foto.6_.jpg
Murid SD Negeri Pertamina, Ranto Peureulak, Aceh Timur belajar di ruang kelas.SERAMBI/NASRUDDIN


Sekolah Dasar (SD) Negeri Pertamina, Kecamatan Ranto Peureulak Aceh Timur, berada di jalan Kompleks Benteng No 1, Desa Pertamina. Lembaga pendidikan dasar tersebut merupakan tergolong favorit di kecamatan tersebut. Karena, SDN Pertamina itu telah memperoleh akreditasi peringkat A dengan nilai 93 dan 350 murid, 13 ruang belajar dimana enam kelas digunakan untuk belajar secara bergantian pagi dan sore. 

Selain itu sekolah tersebut juga dilengkapi satu bangunan perpustakaan, satu unit UKS dan PKG sebagai tempat pembinaan kepala sekolah dalam wadah KKKS. Sekolah itu juga memiliki 10 guru PNS, 10 tenaga bakti, satu tenaga administrasi dan satu penjaga sekolah.                         

Berdiri pada tahun 1968, yang berada di bawah yayasan Pertamina Exxon Mobil Oil. Dan penegerian pada tahun 1978 yang ketika itu kepala sekolahnya dijabat oleh Musa 1968-1972. Sedangkan Abdullah Gani 1972-1978, Ruslan Hasan 1978-1987, Isyunardi 1987-2003, Nurdin 2003-2005, Ismail 2005-2009, serta Ridwan Efendi 2009-2010, maupun Marzuki 2010 sampai sekarang. 

Dengan penegerian tahun 1978, merupakan cikal bakal sekolah favourite bagi warga Ranto Peureulak dengan banyaknya prestasi akademik maupun ekstra kurikuler.                    
Dalam dua tahun terakhir, sekolah ini memiliki prestasi akademik yakni tiga besar nilai UASBN SD Tertinggi mata pelajaran Matematika dan IPA yakni 9,25 Kabupaten Aceh Timur, sedangkan bidang ekstra kurikuler yaitu juara kedua lomba vokal solo tingkat kabupaten atas nama Abdil Alfaresi, asuhan Ridwan Hadi, selain itu juga sebagai juara kedua kaligrafi atas nama Nurlia Maina, asuhan Juwita.  
Dalam kepemimpinan dipenghujung nama SD Negeri Pertamina (karena sekolah tersebut telah diganti namanya menjadi SD Negeri 3 Ranto Peureulak baru-baru ini) SD tersebut menyandang sebagai Sekolah Dasar Standar Nasional (SDSN) dengan visinya terciptanya peserta didik mandiri, berbudaya, dan berbudi pekerti luhur maupun berwawasan ilmu pengetahuan dan tehnologi dan dapat menyesuaikan sebagai salah satu SDSN di Ranto Peureulak. 

Sementara visinya yakni mencapai standart pemenuhan standart nasional pendidikan sesuai amanat PP Nomor 19 tahun 2005. Dengan disandangnya status SDSN, mempunyai tanggung jawab yang besar untuk meningkatkan lulusan dengan program pembiasaan seperti upacara, senam ceria, wirid yasin, kamis bersih, maupun kegiatan pengembangan dan unjuk bakat kemampuan siswa, selain itu juga terdapat taman gizi atau apotik hidup yang merupakan karya nyata komite sekolah dan guru, sementara untuk merawat tanaman tersebut merupakan tanggung jawab murid.(nasruddin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar