Senin, 28 Maret 2011

Petani Ranto Peureulak Panen Perdana

Ranto Peureulak - Para petani di Kecamatan Ranto Peureulak, Aceh Timur, melakukan panen padi perdana. Kegiatan itu dilakukan di Desa Paya Unoe, Rabu (23/3), dengan dihadiri unsur Muspika serta anggota DPRK dari kabupaten setempat.


Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikulutura, Ir Marwi Umar MM, didampingi Kepala Bidang Produksi Sugiharto mengatakan, pelaksanaan panen perdan tersebut merupakan bantuan langsung benih unggul (BLBU) SL-PTT untuk tahun 2010, dimana untuk Desa Paya Unoe terdapat dua kelompok tani dengan luas lahan sekitar 50 hektare. 

Selain itu pihaknya juga telah menyalurkan dan memberikan bantuan lainnya berupa pupuk maupun pengembangan padi hibrida. “Panen yang kita lakukan saat ini, yakni jenis padi hibrida varietas DG I yang berasal dari India dengan jumlah hasil panen mencapai 8,2 ton per hektare. Hasil ini pada masa mendatang dapat lebih kita tingkatkan menjadi 10 ton per hekternya,” ungkapnya.

Menurutnya, saat ini Aceh Timur memiliki luas lahan 34.061 hektare dengan luas tanam 43.684 hektare, sementara luas panen berkisar 41.500 dengan produksi 207.499 ton. Kebutuhan benih mencapai 1.747 ton. “Kebutuhan benih padi mencapai 40 kilogram per hektare dengan konsumsi per kapita dalam setahun mencapai 120 kilogram, dimana rata-rata produksi mencapai 5,0 ton,” tambahnya.

Sementara itu, Rusli Ketua Kelompok Tani Sejahtera I mengatakan, pihaknya terus dan giat bekerja sama serta berkoordinasi dengan bebagai pihak, terutama mantri tani. Di lain sisi, pihaknya juga berterima kasih pada dinas terkait atas bantuan dan perhatian yang telah diberikan selama ini, ujar Rusli.(na)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar