Rabu, 09 Februari 2011

Interkuler Terperosok, Kendaraan Terjebak Macet

Tue, Feb 8th 2011, 09:11
PEUREULAK—Ruas jalan provinsi lintas Peureulak- Lokop, Aceh Timur, Senin (7/2) pagi, amblas. Akibatnya, puluhan kendaraan roda empat dari Peureulak- Lokop dan sebaliknya terperangkap macet. Satu unit truk interkuler BK 9243 BJ dan sebuah mobil pikap kecil terperosok di atas ruas jalan yang amblas tersebut.

Menurut warga yang terjebak macet, jika jalan dengan jarak tempuh dua jam dari pusat Kota Peureulak itu tidak diperbaiki, maka arus transportasi ke sana akan lumpuh total sehingga ribuan jiwa akan terkurung. 

M Ilyas Muhammad (47), salah seorang warga yang terjebak macet akibat jalan amblas menyusul terperosok truk di sana mengabarkan, kejadian tersebut terjadi pada pagi kemarin. Akibatnya, kata dia, puluhan mobil harus antri panjang menunggu truk yang terperosok bisa ditarik.

Namun, Ilyas yang dikonfirmasi ulang siang kemarin memastikan kendaraan yang terperosok di jalan amblas masih belum bisa dievakuasi. “Nampaknya belum bisa ditarik, sehingga kendaraan yang terjebak macet pun bertambah panjang,” katanya.

Menurut dia, jalan lintas Peureulak-Lokop yang amblas terdapat di kilometer 28 kawasan Lapangan Heli, Desa Seumanah Jaya, Kecamatan Ranto Peureulak. Ia juga menyebutkan, lintasan menuju ke Peunarun dan Lokop selama ini memang dikenal rawan longsor, apalagi menyusul turunnya hujan di kawasan pergunungan itu.

Karena itu, Ilyas yang sering melintasi jalan tersebut, meminta Pemerintah Aceh untuk bisa menangani serta memperbaiki ruas jalan yang amblas. “Ini adalah lintasan vital yang sangat penting bagi masyarakat di tiga kecamatan, yakni Lokop, Peunarun, dan Ranto Peureulak,” ungkap Ilyas,  yang juga warga Seuneubok Baro, Ranto Peureulak.

Sementara Kepala Dinas PU Aceh Timur Yusuf Adam yang dikonfirmasi secara terpisah enggan memberi komentar, karena jalan tersebut di bawah tanggungjawab pihak provinsi Aceh.(is)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar